Tainan Promosikan Makanan Halal Gaet Turis Muslim

0
160

152Dalam menghadapi penurunan wisatawan Cina dan penekanan pada pengembangan hubungan ekonomi di negara-negara Asia Tenggara, Tainan mulai mempromosikan kota untuk wisatawan Muslim.

Dilansir dari laman Taipei Times, Biro Pembangunan Ekonomi Tainan  mengatakan mulai tahun depan pemerintah akan mempromosikan restoran yang menyajikan makanan sesuai dengan syariat Islam dan memiliki sertifikat halal. Untuk mewujudkan hal ini, pemerintah akan bekerja sama dengan Asosiasi Muslim Cina dan Komite Pengembangan dan Promosi Industri Tainan.

Pemerintah juga akan melaksanakan program pelatihan bagi pemilik usaha yang ingin memiliki sertifikat halal. Dengan pelatihan ini maka diharapkan para pelaku yang terlibat di industri halal akan lebih memahami kebutuhan wisatawan muslim. Pemerintah kota akan menyusun panduan restoran yang memiliki sertifikat halal untuk wisatawan Muslim di daerah.

Terdapat 400 pelaku usaha nasional di Tainan. Dengan demikian Tainan bisa dianggap  sebagai kota strategis untuk pengembangan industri halal dengan 72 bisnis bersertifikat.

Bisnis yang dapat mengajukan permohonan sertifikasi halal termasuk penyedia makanan dan minuman dan pengecer kosmetik. Departemen Perhubungan dan Komunikasi Tainan menambahkan mayoritas wisatawan Muslim yang berkunjung ke Taiwan berasal dari negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia dan Indonesia.

Jumlah wisatawan Malaysia meningkat dari 300 ribu pada 2011 menjadi 430 ribu tahun lalu. Sementara itu jumlah wisatawan Indonesia telah meningkat dari 156 ribu ke 177 ribu pada periode yang sama. Peningkatan jumlah wisatawan juga terjadi dari wisatawan asal Timur Tengah yang meningkat sekitar 5.000 orang.

Tahun lalu, sekitar 177 juta wisatawan Muslim melakukan kunjungan wisata ke Tainan. Atau 10 persen dari total keseluruhan wisatawan.[rol]

Comments

comments

LEAVE A REPLY