Mitos Ngawur Seputar Cinta

0
389

Disebut mitos karena sebenarnya hal ini merupakan sesuatu yang tidak perlu kita percayai, sesuatu yang tidak perlu ada, sesuatu yang salah atau tidak benar, akan tapi sudah berlaku umum di tengah masyarakat. Apa itu?
.

Pertama, mitos cinta haruslah diwujudkan sebagai sebuah potensi kehidupan. Bahkan bagi para penganut freudisme, yang percaya dengan teori Sigmund Freud seorang psikolog keturunan Yahudi, bahwa cinta itu berkaitan langsung dengan hidup-matinya manusia. .

Mari kita coba perhatikan kehidupan di sekitar, untuk membuktikan validitas teori freud tersebut. Kita bisa saksikan, ada beberapa orang yang hingga akhir hayatnya, meski mereka tidak menikah, tidak punya anak, atau bahkan tidak punya keluarga, mereka masih bisa bertahan hidup alias tidak mati. .

Berbeda dengan kebutuhan jasmani (hajatul udlwiyah) seperti makan, tidur, buang hajat, yang jikalau tidak dipenuhi oleh manusia dalam jangka waktu tertentu akan berakibat secara langsung membawa kepada kerusakan fisik atau bahkan kematian.
.

Mitos atau teori yang menyatakan bahwa cinta harus diwujudkan adalah mitos yang salah. Tapi bukan berarti juga dilarang memenuhi naluri cinta. Boleh memenuhi naluri tersebut, akan tetapi seorang anak manusia masih akan bisa hidup bi idznillah, meskipun tidak memenuhi naluri cinta.
.

Kedua, mitos ketika berbicara cinta selalu hanya berkaitan dengan lawan jenis (seks). Padahal Allah menganugerahkan naluri (gharizatul an-nau’) kepada kita semenjak kita lahir. Itu artinya, naluri cinta tidak hanya berbicara tentang seks, akan tetapi bisa juga tentang kasih sayang seorang ayah dan ibu ketika sang jabang bayi baru lahir, rasa sayang yang diberikan oleh seorang kakak kepada adiknya yang baru lahir, dan sebagainya.
.

Mitos yang berkembang bahwa anak muda membatasinya lebih sempit dan picik, hubungan lawan jenis, yang hanya bisa diwujudkan dalam bentuk pacaran. Tentu itu adalah hal yang salah, hubungan antara lawan jenis hanya bagian kecil dari cinta, cinta manusia kepada Allah adalah juga bagian dari pembahasan cinta.
.
.

Majelis @TausiyahCinta_💌

Comments

comments

LEAVE A REPLY