Terkadang Allah mempertemukan tidak menyatukan

0
1397

Kini, siang hari di dalam kepalaku berputar-putar sekelumit pertanyaan tentang bagaimana bisa terkadang Allah hanya mempertemukan, bukan menyatukan. Dari sebagian kita pernah menanam rasa harap yg sangat besar setelah Allah mempertemukan kemudian Allah akan menyatukan dengan kuasa indah-Nya.

Tapi, kita pula terkadang terlalu memkirkan kebahagiaan yg akan kita dapat setelah pertemuan yg sudah Allah takdirkan, Terlalu berandai-andai, “kok bisa yang aku bertemu dgn dia dengan waktu yang sangat indah, mungkin dia jodohku”. Semua harapan, angan-angan, keinginan, semuanya sudah melintas dari pikiran tanpa kita ketahui apa maksud dan tujuan Allah mempertemukan. “Mungkin dia jodohku, mungkin dia pendamping hidupku kelak, dan mungkin dia pilihan Allah, sebab itu Allah mempertemukanku dengannya”. Selalu saja kita berpikiran seperti itu, sampai pada waktunya ternyata Allah berkata lain. Allah mengalihkan semua harapan-harapan kita yg telah tersusun dgn rapih dan gemilang.

Saat pertemuan berakhir dengan perpisahan, berakhir dengan kesedihan karena harap tak kunjung menjadi nyata, barulah kekecewaan menyiapkan posisi terbaiknya untuk menempati kehidupan kita saat itu. Yaaa saat semua harapan musnah karena perpisahan, begitulah jika hati yg terlalu menaruh harapan besar pada sesuatu yg belum pasti, pada sesuatu yg mungkin saja itu akan menjadi milik orang lain.

Untukmu, yg kini sedang terjatuh karena belum bisa menggapai harapan sesuai yang kau mau. Tenangkanlah dirimu, damaikan hatimu dengan masa lalu yg terlah pergi jauh, biarkanlah dia tenang mencari tempat yg memang akan menjadi rumah singgah untuk selamanya. Jangan halangi dia, kau? Teruslah berjalan, jangan sampai terhenti kembali di persimpangan yang sangat menyakitkan. Gantungkan saja harapmu hanya kepada Sang Pemberi.

Jangan berburuk sangka pada-Nya, mungkin memang ini posisi terbaikmu saat ini, bukankah di setiap peristiwa akan ada hikmahnya yang tersimpan? Bisa jadi, setelah ini, ketegaran, ketabahan, kedewasaan, dan keberanian telah menancap dalam pada dirimu sehingga dirimu tak mudah tergoyahkan oleh sesuatu yg akan membuatmu terjatuh kembali .

Comments

comments

LEAVE A REPLY