MENJADI MUSLIMAH CERDAS

0
1160

Menjadi muslimah yang cerdas merupakan dambaan setiap muslimah. Tapi, untuk mendapatkan predikat seperti itu di butuhkan prinsip yang kuat yang tertanam di dalam diri. Seorang Muslimah yang cerdas hendaknya memahami  beberapa hal yang akan menjadi dasar kekokohan iman dan prinsip hidupnya. Nah, apa saja yang diperlukan seorang muslimah untuk membangun prinsip hidup yang kuat ? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa ukhti pelajari sebagai dasar membangun prinsip hidup dan layak menjadi muslimah yang cerdas.

  1. BERFIKIR BESAR

Seorang muslimah yang cerdas harus memiliki wawasan yang luas. Bukan hanya mengenai pelajaran yang sedang ia pelajari di sekolah, bukan juga hanya terpaku pada jurusan yang tengah ia geluti. Muslimah yang cerdas akan senantiasa berfikir bukan hanya untuk dirinya sendiri. Melainkan berfikir bagaimana kontribusinya untuk orang lain/orang banyak. Itulah yang dimaksud dengan berfikir besar. Berfikir untuk menjadi berdayaguna bagi bangsa dan agama.

Lalu apa saja yang perlu di persiapkan agar kita senantiasa ‘mampu’ berfikir besar?  berikut rumus-rumusnya :

a. The power of Vision

Visi yang kuat akan melahirkan action yang penuh kesungguhan. Semakin besar sebuah Visi maka semakin besar juga dorongan yang di perlukan untuk mewujudkan visi tersebut.

b. Kenali potensi

Ini menjadi salah satu bagian terpenting ketika kita hendak berkontribusi besar bagi suatu kalangan. Pastikan kita ‘Sesuai’ dengan potensi yang kita miliki. Maksudnya sesuai dengan potensi yang kita memiliki bukan berarti kita pilah-pilih dalam menolong orang lain. Melainkan ini bertujuan agar apa yang kita kerjakan atau apa yang akan kita perjuangan membuat kita tidak terbebani karena itu telah sesuai dengan potensi yang kita milliki. Misal, anda tidak mengajar atau belum terlatih, tapi anda mengikuti kegiatan sosial mengajar anak-anak jalanan. Itu sangat menyulitkan menurut saya, maka pilihlah yang sesuai dengan potensi kita.

c. Sabar

Selalu ingat, Allah memberikan semua orang beriman ujian dalam kehidupan. Maka ingatlah, Allah juga telah memberikan kisi-kisinya. Yaitu, Sabar dan Sholat.

d. Pengorbanan

Pengorbanan di sini memiliki makna yang luas. Yaitu berkorban jiwa juga raganya. Setiap kali kita merasakan beratnya pengorbanan maka ingatlah lagi, tidak ada sukses tanpa pengorbanan.

  1. BERPRESTASI

Seorang Muslimah yang cerdas harus selalu berfikir layaknya pemenang. Bahkan saat kalah sekalipun. Maka itulah prestasi yang sesungguhnya. Ketika menganggap kegagalan sebagai kemenangan yang tertunda. Sebuah kata-kata bijak mengatakan “No action, nothing happen. When you take action, miracle happen”

So, bergeraklah! Jadilah berani berprestasi, sekalipun hanya kecil sekali kemungkinannya.

Rumus-rumus yang bisa ukhti terapkan ialah:

a. The Right People in the Right Time.

Pahamilah, hanya orang cerdas yang sanggup mengendalikan waktu hidupnya.

b. Every disciplined effort, there is multiple rewards.

DISIPLIN! Maka sungguh, inilah bagian tersulitnya. Mendisiplinkan diri bisa dimulai dari mendisiplan sholat tepat waktu.

c. Membaca buku dengan arah yang jelas.

Kita harus ingat, wahyu yang pertama turun adalah perintah untuk membaca. Maka jangan malas membaca. Walaupun satu buku untuk satu bulan.

  1. KOMITMEN dan KONSISTEN

Berjanjilah untuk melakukan yang terbaik. Komitmen memang tidak bisa menjamin kita tidak akan gagal. Tapi komitmen mengajarkan kita untuk bersabar dengan cara yang cerdas. Berikut rumus-rumus yang bisa diterapkan.

a. Orang yang berhasil mengelola waktunya adalah orang yang berhasil.

Kembali lagi pada waktu sholat fardhunya. Semakin sering kita sholat 5 waktu tepat waktu. Maka kita semakin cerdas mengelola waktu kita.

b. Jangan berlama-lama melakukan hal yang tidak berguna.

c. Jangan menyia-nyiakan ilmu yang kita dapat.

  1. BERIMAN KEPADA ALLAH

Ingatlah, sebagus apapun ibadah yang kita lakukan, maka sungguh semua dihitung dari niat kita. Berniatlah melakukan semuanya karena Allah. Kita luruskan semuanya semata-mata untuk beribadah. Agar semua yang terasa berat menjadi ringan .

Demikianlah beberapa pengetahuan yang bisa ukhti terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar dapat memperkuat prinsip hidup kita sebagai Muslimah yang Cerdas.

@cahayaaksara

 

 

Comments

comments