Antara Jilbab dan akhlak

0
2148

Pernah tidak mendengar kalimat seperti ini saat berbincang-bincang dengan seseorang? “Eh lihat tuh si fulanah, jilbabnya udah gede kayak karung beras, tinggal kelihatan matanya doang terus udah rajin pergi ke majelis ilmu tapi doi masih melakukan DOSA + MAKSIAT! Percuma dong “jilbab” nya kalau kelakuan kayak gitu?

Memang, hal itu salah dan diharamkan dalam islam. Sebab dapat mengundang hal-hal mendekati zina, dosa, dan kemaksiatan sekalipun telah diselimuti kata islami didalamnya.

Namun pada hakekatnya tetap sama, ibarat binatang yang diharamkan mau disembelih dengan ucapan basmalah 100X tetapi yang HARAM tetaplah HARAM.

Jadi, mari kita jauhi aktifitas yg membawa kita kejalan api neraka. Sebab syeitan tidak pernah kehabisan akal untuk menjerumuskan manusia pada liang dosa.

Kembali lagi pada masalah jilbab.
Jilbab itu hukumnya wajib, sekiranya perintah tuk menggunakan jilbab itu telah ada dalam surah Al Ahzab Ayat 59 yg artinya :

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yg terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Maka tidak diragukan lagi, jilbab itu sebuah keharusan untuk muslimah. Bagaimana dgn akhlak? Tentu, itu adalah hal yg berbeda dengan jilbab. Ketika akhlak buruk disangkut pautkan dengan jilbab yg dikenakan maka itu adalah pernyataan yg sangat salah.

Mari mengambil contoh dari benda terdekat kita yaitu handphone, ketika HP kita sangat lemot pernahkah kita menyalahkan casing dari HP tersebut? TIDAK KAN? Sebab yg bermasalah itu isi dalamnya bukan luarnya.

Begitu pula antara akhlak dan jilbab, jilbab tak pernah memiliki kesalahan sebab perintah ini wajib dan murni dari Allah sedangkan akhlak sepenuhnya milik manusia yg perlu diasah agar menjadi lebih baik.

Jadi jangan mudah menjudge seseorang, tetapi saling mengingatkan biar erat dalam berukhuwah lillahi ta’ala.

Semoga bermanfaat.
Salam .

Follow @IndonesiaMenutupAurat 💞✅ .

Kontributor @amaliahrh ❤

Comments

comments