Untukmu yang sedang Merancang Proposal Nikah

0
2474

Sahabatku, yang sedang merancang proposal nikah, siapapun boleh merancang dengan siapa nantinya berpasangan. Namun pada saat kita merancang masa depan, jangan pernah lupa untuk selalu menyertakan Allah dalam setiap rancangan kita.
Di mana Allah harusnya kita letakkan pada rancangan proposal nikah? Kita harus letakkan Allah sebelum dibuat dan setelah rencana itu berjalan. Pada saat sebelum semua rencana itu kita bikin, Allah kita tempatkan persis di depan kita, sambil berucap “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang aku merancang proposal ini, hanya semata meraih Ridha-Mu, Ya Allah”. Lantunkan dan hujamkan dalam hati terdalam, agar Allah membersamai dalam setiap langkah kita.

Lalu apakah cukup di situ? Tentu saja tidak. Ini kadang yang terlupakan, yakni meletakkan Allah setelah rencana itu kita bikin. Kekecewaan ketika tertolak khitbah sehingga berlanjut kepada keputusasaan, bisa jadi karena kita tidak meletakkan Allah di akhir rancangan kita. Meletakkan Allah setelah rencana itu dibikin, bahkan setelah rencana itu direalisasikan adalah meyakini qadha Allah.

Kita memang telah merencanakan keindahan untuk masa depan kita, tapi yakinlah rencana Allah itu lebih indah. Bener, ini bukan sebuah kalimat hiburan. Sebab siapa hakekatnya yang memiliki diri kita dan juga alam raya ini? Lalu siapa nanti yang akan bisa membalas dari setiap amal kita? Semuanya, hanya Allah. Jika demikian, maka pantas jika rancangan keindahan itu hanya milik Allah.

@LukyRouf

Comments

comments