Mengenal Islam Lewat Dakwah Visual, Milenial Banget!

0
879

 

Era generasi milenial ditandai dengan eranya teknologi. Teknologi pun berkembang dari waktu ke waktu. Begitu pun dengan dakwah. Berkembang dari waktu ke waktu mengikuti perkembangan teknologi.

Dakwah saat ini tidak hanya dilakukan di dunia nyata, melainkan di dunia Maya. Dakwah juga tidak hanya bisa dilakukan di atas mimbar, melainkan juga dengan visual. Dengan keberadaan media visual, dakwah tidak lagi terkesan kaku dan kampungan.

Dakwah memang harus seperti itu. Berkembang dan terus berkembang. Ia tidak boleh berhenti lantaran perkembangan zaman yang lebih modern. Justru dengan modernitas zaman, hal itu. bisa dimanfaatkan untuk memperkaya teknik-teknik bagaimana dakwah harus dilakukan.

Apalagi yang dihadapi bukan orang-orang tua lintas zaman seperti orang tua kita. Yang kita hadapi saat ini adalah anak-anak muda yang cara berpikirnya lebih kreatif, inovatif, tapi tetap edukatif. Dengan tidak melakukan adaptasi tentu dakwah akan terhambat bahkan bisa jadi lenyap.

Dengan keberadaan media dakwah visual seperti Nussa Edutainment Series yang menggambarkan animasi Nussa yang lucu dan menggemaskan, atau @islamicheroes.official yang menggambarkan sosok pahlawan dalam sejarah peradaban Islam, tentu ini menjadi edukasi yang sangat berharga. Dan ini adalah bagian dari dakwah dengan teknik modern.

Jadi sebagai muslim dan muslimah yang memiliki keprihatinan lebih terhadap perkembangan dakwah Islam, maka teknik-teknik seperti sangat layak untuk dikembangkan lebih jauh. Tentu tujuannya adalah umat Islam lebih mengenal agamanya lebih dalam dan bahkan mau untuk menerapkan Islam di segala lini kehidupan.

Penulis: Budi Santoso
Follow IG di: @budisantoso1318

Comments

comments