Tips Imam syafi’i Agar ilmu tetap melekat di dalam otak

0
3307

 

Imam Syafi’i, seorang ulama fikih yang begitu mendunia namanya pernah memberikan nasihat mengenai Ilmu. Ia mengatakan bahwa ilmu adalah buruan dan tulisan adalah pengikat. Maka ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat.
Sahabat hijrah, maksud dari kutipan tersebut ada dua yakni:

1. Ilmu itu memang harus dijaga
2. Menulis adalah sarana terbaik menjaga ilmu
Siapa bilang ketika kita menguasai ilmu kemudian ilmu tersebut akan kekal selamanya dalam kepala kita? Tidak. Ilmu itu juga bisa luntur. Apa yang membuat luntur? Maksiat dan malas.

Dalam kutipan lain Imam Syafi’i pernah berkata: ilmu adalah cahaya. Maka ketika ia banyak maksiat cahaya itu akan redup. Itulah hakikatnya suatu ilmu. Semakin kita bermaksiat maka ilmu itu perlahan-lahan mulai meredup. Tetapi ketika ia gunakan ilmu itu sebaik-baiknya, maka ilmu itu akan senantiasa berada dalam kepalanya. Bahkan bukan hanya itu ia juga akan mendapatkan keberkahan.

Yang kedua, bahwa sarana terbaik untuk menjaga ilmu adalah dengan menyampaikan kembali atau yang biasa disebut sebagai dakwah. Dakwah ada dua penyalurannya, bisa dengan lisan maupun tulisan.

Khusus untuk dakwah melalui tulisan memang tidak mudah. Ia butuh keahlian dalam menulis. Tapi tenang, semua orang bisa kok untuk menulis. Menulis hanya soal kemauan dan membaca. Menuli tanpa didasarkan kemauan, maka akan sulit. Bagaimana mungkin ia bisa menulis, kalau dari dirinya sendiri saja sudah tidak mau. Maka ketika ingin menulis maka ia harus mau untuk menulis.

Menulis juga soal membaca. Tidak mungkin orang bisa menulis tanpa ia membaca. Logikanya, apa yang mau ia tulis kalau di dalam isi kepalanya kosong? Maka dengan membaca itulah berbagai macam informasi didapatkan. Dengan begitu menulis menjadi lebih mudah dan kuat.

Kembali pada pokok persoalan bahwa ilmu itu harus diikat. Kalau tidak ia akan hilang entah kemana. So sebelum kita kehilangan semua ilmu yang ada di kepala, yuk kita sama-sama ikat dengan dakwah baik lisan maupun tulisan.

Comments

comments