FAKTA INI… yang membuat dosa kita bisa hilang

0
2168

FAKTA INI… yang membuat dosa kita bisa hilang

Sebab Allah Memberikan Kita Cobaan

Dalam hidup rasanya tidak mungkin kalau kita mengalami cobaan. Cobaan merupakan batu kerikil yang harus kita injak. Apakah kita mau menyerah ketika menahan rasa sakitnya? Ataukah kita menyerah di tengah perjalanan, sambil mengatakan “Hamba tidak sanggup lagi”.

Sahabat hijrah, cobaan dalam kehidupan merupakan warna. Hidup kita tak akan berwarna kalau hidup tak pernah ada cobaan. Bahkan ada pepatah kuno mengatakan bahwa dengan kita tidak diberikannya cobaan, justru itulah cobaannya.
Menjadi pertanyaan mengapa Allah memberikan kita cobaan?

Kita tahu bahwa, setidaknya ada tiga sebab mengapa Allah memberikan kita cobaan. Pertama karena dengan cobaan Allah akan menghapuskan dosa kita.

“Tidak ada satupun musibah (coban) yg menimpa seorang muslim berupa duri atau yg semisalnya, melainkan dengannya Allah akan mengangkat derajatnya atau menghapus kesalahannya.” [HR.Muslim]

Kedua, sebab Allah memberikan kita cobaan adalah untuk kita mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.

“Sesungguhnya agungnya pahala disertai dengan besarnya cobaan. Sesungguhnya Allah ketika mencintai suatu kaum, maka Dia akan mengujinya. Siapa yang redo maka Dia akan redo dan siapa yang murka, maka Dia juga akan murka.” HR. Abu Dawud, (2396) dan dihasankan. Dinyatakan shoheh oleh Albany dalama ‘Silsilah shohehah, no. 146.

Dan yang terakhir sebab Allah memberikan kita cobaan adalah karena Allah ingin meninggikan derajat kita.

“Tidaklah seorang mukmin terkena duri dan lebih dari itu melainkan Allah akan mengangkat derajat dengannya. Atau dihapuskan kesalahannya dengannya.” HR. Bukhori, (5641) dan Muslim, (2573).

So kalau kita sedang tertimpa musibah atau cobaan, maka semata-mata bukan karena Allah menginginkan kita kesusahan. Tapi dengan kesusahan itulah ada hikmah Allah yang besar yang sudah dijelaskan di atas.

Comments

comments