3 hal yang jarang di lakukan ketika kita sudah hijrah, No 1 paling jarang

0
3914

 

Menjadi generasi milenial bukan berarti menjadi generasi yang bandel, tidak ramah terhadap orang lain, pelit, dan jauh dari agama. Tetapi menjadi generasi yang mudah bergaul, bersedekah, ramah, dan dekat dengan Allah Swt.

Ada tiga perkara yang tidak boleh ditinggalkan bagi generasi milenial yang tengah berhijrah yaitu: bersedekah di waktu sempit, tersenyum walaupun tengah bersedih, dan berbaik sangka pada Allah akan takdir-Nya.

1. Bersedekah di waktu sempit.

Banyak yang menilai bahwa bersedekah itu hanya pada di waktu senang bukan di waktu sempit. Padahal ada hadits yang menjelaskan keutamaan tentang bersedekah di waktu sempit.

Dari Abu Hurairah dan ‘Abdullah bin Hubsyi Al Khots’ami, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya sedekah mana yang paling afdhol. Jawab beliau,

“Sedekah dari orang yang serba kekurangan.” (HR. An-Nasa’I, no. 2526. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Hadits di atas ada beberapa tafsiran. Ada ulama yang mengatakan maksudnya adalah keutamaan sedekah saat susah. Ada yang mengatakan bahwa sedekah tersebut dilakukan dalam keadaan hati yang senantiasa “ghina” yaitu penuh kecukupan. Ada juga yang mengatakan maksudnya adalah bersedekah dalam keadaan miskin dan sabar dengan kelaparan. (Lihat ‘Aun Al-Ma’bud, 4: 227)

2. Tersenyum Walaupun Tengah Bersedih

Tersenyum di saat senang memang mudah. Dan semua orang bisa melakukannya. Tapi tidak demikian jika sebaliknya yaitu disaat tengah bersedih. Namun bagaimana pun, tersenyum adalah hal yang baik. Maka lakukanlah, bahkan senyum itu sendiri adalah ibadah.

Rasulullah SAW bersabda, “Tersenyumlah ketika bertemu dengan saudara kalian adalah termasuk ibadah,”. (HR Imam Turmudzi, Ibn Hibban dan Al Baihaqi)

3. Berbaik Sangka Pada Allah

Sebagai manusia terkadang kita hanya berbaik sangka pada Allah terhadap kesenangan yang Allah berikan. Namun ketika cobaan yang datang, kita lalu berburuk sangka. Padahal Allahlah yang maha tahu. Allah SWT berfirman:

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216)

Jadi untuk generasi milenial saat ini, jangan pernah tinggalkan perkara tersebut. Perkara itu akan membawa teman-teman ke dalam kebaikan. Dan setiap kebaikan akan mendapat pahala di sisi-Nya.

Comments

comments