Inilah 10 Keutamaan Sedekah salah satunya men….

0
2319

Di dalam Islam, seorang muslim tidak hanya dituntut beribadah yang bersinggungan langsung dengan Allah Swt yakni shalat, puasa, dan ibadan haji. Tetapi juga dituntut pada ibadah yang bersinggungan pada orang lain seperti salah satu nya adalah sedekah.

Sedekah (Bahasa Arab:صدقة; transliterasi: sadakah) adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekadar zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta.

Sedekah di dalam Islam memiliki banyak keutaman. Setidaknya ada sepuluh keutamaan seseorang jika mengeluarkan sedekahnya. Apa saja itu?

1. Membawa Keberkahan Harta

Di setiap harinya kita mencari harta. Namun kita tak pernah tau apakah harta yang kita cari adalah harta yang diberkahi atau tidak. Nah untuk itu, sebagai upaya agar harta kita menjadi harta yang berkah salah satu nya adalah dengan bersedekah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim)

2. Penghapus Dosa

Sebagai manusia tentu nya kita tidak akan lepas dari dosa. Baik dosa yang kita lakukan dengan sengaja maupun yang tidak sengaja. Dengan rahmat Allah ternyata dengan sedekah pun dosa bisa dihapuskan.
Sedekah Bisa Menghapus Dosa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

3. Dilipatgandakan Pahalanya

Siapa yang tidak mau pahala yang didapatkan, kemudian dilipatgandakan oleh Allah Swt? Pasti semua orang mau. Nah apa tipsnya supaya pahala kita bisa bertambah? Ya benar. Sedekah adalah jawaban nya.

Allah Ta’ala berfirman :

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

4. Mendapatkan Naungan di Hari Akhir

Sebagai umat Islam kita percaya hidup di dunia bukan akhir melainkan awalan. Karena setelah dunia pun ada hari dimana manusia dibangkitkan. Jika kita ingin di hari akhir nanti mendapatkan nanungan-Nya maka yang harus dilakukan adalah sedekah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan pada hari dimana ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah, yaitu hari akhir. Salah satu jenis manusia yang akan mendapatkannya adalah :

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari)

5. Bukti Keimanan Kita Kepada Allah

Sebagai hamba-hamba yang beriman, sudah selayaknya keimanan itu dibuktikan, bukan hanya sebatas diyakini. Maka dengan bersedekah adalah salah dari pembuktian keimanan tersebut.

Dari sahabat Rasulullah Al Harits bin Ashim Al Asy’ari, Rasulullah SAW bersabda :

“Bersuci adalah separuh dari keimanan, ucapan Alhamdulillah akan memenuhi timbangan, subhanallah walhamdulillah akan memenuhi ruangan langit dan bumi, shalat adalah cahaya, dan shodaqoh (sedekah) itu merupakan bukti.” (HR. Muslim)

6. Mampu Mencegah Maksiat Dalam Jual-Beli (Perdagangan)

Kita tau bahwa dalam jual-beli berbagai praktik kecurangan kerap kali terjadi. Dan praktik kecurangan tersebut adalah bentuk kemaksiatan. Nah dengan sedekah, maka itu bisa menjadi sarana untuk mencegah kemaksiatan dalam jual-beli.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah.” (HR. Tirmidzi)

7. Tersedia Pintu Surga Khusus Bagi Orang Yang Bersedekah

Inilah salah satu keistimewaan dari sedekah. Bukan main-main. Dengan sedekah Allah sudah siapkan bagi tempat di surga yang dihuni bagi orang-orang yang senang dan terbiasa bersedekah.

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari Muslim)

8. Membebaskan Dari Siksa Kubur dan Api Neraka

Sebagai wujud dari takutnya kita kepada Allah adalah dengan kita takut kepada siksa kubur dan api neraka. Tidakn mungkin orang yang takut kepada Allah namun ia tidak takut akan ancaman siksa di alam kubur dan siksa di neraka. Upaya kita untuk bisa bebas dari siksa kubur dan tapi neraka adalah dengan bersedekah.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani)

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” (HR. Bukhari Muslim)

9. Memberikan Pahala Yang Terus Berkembang

Keistimewaan lain dari sedekah adalah bahwa dengan sedekah pahala yang didapai akan terus berkembang. Ini sangat cocok untuk kita jadikan investasi di masa yang akan datang.

Sabda Nabi Muhammad SAW :

“Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud” (HR. Tirmidzi)

10. Akan Mendatangkan Kelapangan Dada dan Kebahagiaan

Rasanya semua orang akan mengiyakan bahwa seringkan dalam hidup ini kita tidak mendapat kelapangan dalam hidup. Hidup kita merasa sempit dan cenderung gelisah lagi jauh dari kebahagiaan. Nah bisa jadi itu disebabkan karena kita kurang bersedekah.

Sabda Nabi Muhammad SAW :

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari)

Nah itulah sepuluh dari keutamaan bersedekah. Semoga dengan banyak nya keutamaan tersebut, menjadikan kita semakin giat dan rajin dalam bersedekah. Aaaamiiiin

Comments

comments