SEMOGA ALLAH MENJAGA KITA SEMUA

0
711

Kita selalu ingat manfaat sistem anti lock (kunci) pada mobil atau motor. Manfaat sistem pengereman kecepatan, manfaat kantung udara pengaman, sabuk pengaman. Namun kita sering melupakan Allah Swt yang menjaga kita.

Saat Anda merasa hidup Anda dalam bahaya, atau penyakit mengancam kesehatan Anda, atau mengkhawatirkan pergaulan anak Anda yang berada jauh dari pengawasan Anda, atau harta yang Anda kumpulkan hampir habis, maka Anda perlu memahami bahwa salah satu nama Allah adalah Al-Hafidz (Maha Memelihara). Dia satu-satunya Dzat yang menjaga hidup Anda, kesehatan Anda, anak-anak Anda, harta Anda dan segala sesuatu yang ada di alam kehidupan ini.

Syekh As-Sa’di berkata, “Al-Hafidz adalah Yang memelihara apa saja yang Dia ciptakan. Ilmu-Nya meliputi semua yang Dia ciptakan. Dia memelihara para wali-Nya (orang-orang yang taat pada-Nya), dari terjerumus ke dalam dosa dan kebinasaan serta menjaga mereka dalam semua aktivitas dan diam mereka.”

Pemeliharaan yang paling tinggi adalah di sisi-Nya, penjagaan yang maksimal adalah penjagaan milik-Nya, dan puncak ketenangan akan terjadi saat Anda merasakan kebersamaan-Nya.

Dia selalu menjaga hamba-Nya. Oleh karenanya kita selalu mengucapkan, “Ya Allah, jagalah diriku dari arah depanku, dari belakangku, dari kananku, dari kiriku, dan dari atasku. Dan aku berlindung dengan keagungan-Mu agar tidak disambar dari arah bawahku.”

Anda selalu memohon agar dijaga oleh Allah dari enam arah. Anda meminta dari-Nya penjagaan dari semua arah. Tidak akan ada yang sanggup melakukan itu kecuali Dia!

Dia yang akan menjaga pendengaran dan penglihatan Anda. Oleh karenanya, kita berdoa setiap pagi dan petang.

Ya Allah, selamatkanlah pendengaranku. Ya Allah selamatkanlah penglihatanku.”

Anda akan kehilangan alat untuk memahami alam semesta ini jika kehilangan pendengaran dan penglihatan Anda. Jika itu yang terjadi maka Anda akan hidup dalam keterasingan yang serba hitam. Dunia akan mencekik Anda dengan kebisuannya.

“Katakanlah, ‘Terangkanlah kepadaku jika Allah mencabut pendengaran dan penglihatan serta menutup hatimu, siapakah ilah selain Allah yang kuasa mengembalikannya kepadamu?…” (Al-An’am, ayat 46).

 

Al-Hafidz, Dialah yang menjaga pendengaran Anda yang terkadang Anda gunakan mendengarkan hal-hal yang diharamkan. Seandainya Dia mau, niscaya Anda akan menghilangkannya dalam sekejap.

Dia juga menjaga penglihatan Anda yang terkadang Anda gunakan melihat hal-hal yang diharamkan. Seandainya Dia mau, niscaya Dia akan menghilakannya dalam sekejap.

Dia jugalah menjaga agama Anda. Oleh karenanya, Anda berdoa kepada-Nya dalam setiap sujud, “Wahai yang membolak-balikkan hati dan pandangan, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.”

 

(Dikutip dan diseleraskan dari buku Li Annakallah, karya Ali Bin Jabir Al-Faifi, penerbit Arafah)

 

Comments

comments

SHARE
Previous articleHANYA ALLAH SWT TEMPAT MENGGANTUNGKAN HARAP
Next articleDIJAGA ALLAH
mm
Penulis adalah penggiat literasi, sekaligus pendidik. Doktor bidang Ilmu Pendidikan ini memiliki visi memberdayakan pendidikan dengan pola pikir Islam. Bermoto Allah dulu, Allah lagi dan Allah terus. Hidup untuk Yang Maha Hidup.